Jangan Jadikan Arisan Sebagai Sarana Menabung

Gambar

 

Salah satu manfaat ikut arisan adalah menjalin pertemanan yang lebih luas dan solid. Beberapa orang menjadikan kegiatan ini sebagai alternatif untuk menabung. Namun sebaiknya jangan ikut kegiatan arisan apabila tujuan utamanya adalah menabung.

Apabila ingin menabung, sebaiknya ikutkan dana Anda di reksadana, disimpan dalam deposito atau tabungan bank. Setidaknya, nominal uang bisa bertambah ketimbang hanya ditabung lewat arisan.

Jika sudah terlanjur ikut arisan, keuntungan bisa tetap diperoleh walau kemungkinannya kecil apabila dikelola secara pintar. Dengan catatan, jika Anda mendapat arisan di urutan pertama atau kedua. Mendapat kocokan arisan di bulan-bulan awal bisa dibilang lebih beruntung ketimbang di akhir. Namun itu kembali lagi dari bagaimana cara Anda memanfaatkan uang tersebut. Uang arisan sebaiknya disimpan dalam bentuk deposito atau reksadana.

“Misalnya dapat arisan di bulan kedua kalau bisa memanfaatkan itu untuk suatu investasi, bagus. Mungkin akan ada keuntungan. Karena setelah itu kita tinggal cicil di arisannya. Sementara uang yang sudah diinvest bertambah bunganya,” papar Financial Planner Lisa Soemarto saat berbincang dengan wolipop via telepon, Selasa (19/02/2013).

Lain halnya jika mempergunakan uang tersebut untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Seperti belanja tas, gadget atau pakaian. Ketika uang arisan itu terpakai, Anda masih punya kewajiban menyetor arisan tiap bulan. Ini berarti tidak ada manfaat keuangan yang didapat dari arisan. Terutama jika memang keuntungan finansial yang Anda harapkan.

Manfaat keuangan akan lebih sulit lagi untuk didapatkan apabila dapat nomor di urutan paling akhir. Dari segi ‘time value of money’, jumlah uang yang Anda tabung dalam setahun tidak berkembang. Juga sulit untuk diambil apabila ada kebutuhan yang mendesak.

“Dapat di akhir, berarti dia nabung. Contoh ikut arisan setahun, tiap bulan satu juta. Dapatnya ya Rp 12 juta. Tiap hari sudah nyetor tapi nggak dapat bunganya. Coba kalau taruh di reksa dana hasilnya mungkin bisa lebih dari Rp 12 juta,” terang Lisa.

Dia menambahkan, “Taruh di tabungan saja jumlahnya nggak RP 12 juta (bisa lebih) karena ada bunganya walaupun kecil. Kita kan maunya uang yang kita pegang saat ini di tahun depan jumlahnya nggak sama. Disebutnya time value of money,” terang Lisa.

Ikut arisan bukan berarti tak bermanfaat. Dengan kegiatan ini, jalinan pertemanan lebih luas, pengetahuan bertambah dan bisa memberi kesempatan untuk berbisnis atau membuka usaha dengan anggota arisan yang memiliki kesamaan visi. Sebagai ajang bergaul, arisan tentunya sangat bermanfaat dan kegiatan yang positif. Tapi bukan pilihan yang paling tepat jika berkaitan dengan peningkatan finansial.

sumber : http://goo.gl/YNtMm

 

 

 

 

 
 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s