Keajaiban Dunia ke-8

Gambar

Wah selama ini keajaiban dunia ada 7, yang ke delapan apa ya ? Einstein menyatakan keajaiban duni ke-8 adalah bunga majemuk alias bunga berbunga.

Simpelnya, jika kita mulai menabung atau berinvestasi sejak sekarang, maka aset akan terus bertambah sesuai pertumbuhannya secara majemuk. Misalnya investasi pada waralaba sebesar Rp. 10 juta yang diperkirakan balik modal 1 tahun (pesimis). Nah aset dalam 1 tahun menjadi Rp. 20 juta. Jika kondisi tetap sama dan sudah mencakup dan mempertimbangkan faktor risiko, hasil investasi tersebut dibelikan lagi waralaba yang sama (asumsi tidak ada kenaikan harga kontrak kerjasama dan waktu BEP (Break Event Point)/waktu balik modal) , maka dalam waktu 5 tahun akan menjadi Rp. 320 juta. Padahal itu mulai dari Rp. 10 juta, nah jika dianggap faktor kegagalannya 50% dan baru BEP dalam waktu 2 tahun, hasil investasinya menjadi Rp. 60 juta. Harap dicatat perlu dipertimbangkan faktor risiko dan pengetahuan komprehensif tentang investasi dimaksud. Angka di atas sebagai ilustrasi di atas kertas. Soalnya habis liat pameran waralaba.  Lumayan bukan ?

Nah investasi bukan hanya di waralaba, namun bisa di tabungan bank, deposito, emas, tanah, reksa dana, saham, dan lain-lainnya.

Bagaimana jika Rp. 10 juta tersebut ditanamkan dalam investasi per tahun memperoleh 8% ? Hasil setelah 5 tahun menjadi Rp. 15,8 juta. Lumayan juga khan.

Yang patut diingat dalam berinvestasi kenali uang profil pendapatan Anda, kebutuhan Anda,  jenis investasi, risikonya, pokoke invormasi komplet yang benar. Dan patut dicatat kinerja (hasil investasi) masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. S

Jadi pelajaran penting dari keajaiban ke-8 adalah mulailah menabung dari sekarang, lihat aset Anda positif, negatif atau masih nol. Jika Anda sudah mengetahui posisi aset Anda sekarang rencanakan untuk meningkatkan dan menumbuhkan aset Anda berbasis pertimbangan risk (risiko) dan return (hasil).

Selamat mempertimbangkan investasi Anda sejakkini dengan keajaiban dunia ke-8 ini.

sumber :

http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2010/09/19/keajaiban-dunia-ke-8-262541.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s