TINGKAT INFLASI INDONESIA MENGERIKAN

Gambar

Dengan uang 5000 rupiah kita dapat apa? dengan uang 5000 rupiah kita bisa beli apa? Dengan uang 5000 rupiah kita beli DVD bajakan pun tidak bisa, dengan uang 5000 rupiah kita mau pergi ke club malam untuk dugem pun tidak bisa. Dengan uang 5000 rupiah kita hanya bisa beli ice cream walls… Ya itu bisa kita dapati dalam iklan komersial walls di televisi yang mengungkapkan fakta, sekaligus menyindir Dewan Eksekutif Indonesia.

Dalam laporan Bank Dunia yang dilansir Reuters, tingkat inflasi dapat mencapai 5,4% tahun ini jika pemerintah terus mempertahankan harga BBM bersubsidi pada level saat ini berada, tetapi langkah tersebut akan menyebabkan defisit anggaran sebesar 3,1% dari PDB dibandingkan dengan 2,5% bila harga bahan bakar naik.
Berapa tingkat bunga bank beberapa tahun ini ? Antara 5-7 % pertahun. Berapa tingkat bunga pinjaman ? Paling murah 9% hingga 17%. Berapa suku bunga deposito saat ini ? 6-8% per tahun. Terakhir, berapa tingkat inflasi di Indonesia? Katanya pengamat ekonomi dan pejabat bank Indonesia, inflasi kita sekitar 5,4% – 6% per tahun.

Ha…ha…ha… Kita semua dibujuki dan kita juga bodoh karena mau. Dibohongi!! Faktanya, harga telor ayam tahun lalu 15.000 rupiah per kilo. Sekarang, telur ayam sekilo harganya 18.000 rupiah. Berarti telor ayam naik 3.000 rupiah selama setahun, dengan kata lain uang kita menyusut 20%. Atau tingkat inflasi yang dikatakan pemerintah meleset jauh dari realita ekonominya.

Gambar

Saya yakin anda sadar, merasakan dan kebingungan dengan income/gaji yang anda miliki saat ini. Income/Gaji yang sama dengan tahun lalu kok gak bisa beli barang yang sama ? Sekarang, duit bulanan habis sebelum berganti bulan. Parahnya, menu ayam dan menu daging juga menjadi jarang. Apa istri saya berfoya-foya ? Apa dia terbelit hutang ? Tidak….yang benar adalah gaji kita benar-benar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan. Kenaikan gaji kita dengan kenaikan inflasi tidak sebanding!!.

Kenaikan gaji karyawan rata-rata 7-15% pertahun, sementara kenaikan inflasi riil-nya 10-20% pertahun. Cara termudah untuk memperkirakan tingkat inflasi tahun ini dengan tahun lalu adalah membandingkan harga kebutuhan pokok. Berapa harga beras tahun lalu dengan saat ini, berapa perbedaan harga gula tahun lalu dengan harga gula saat ini.

Menabung…Deposito, ya banyak dari kita pasti melakukannya. Menyimpan,menabungkan uang kita di bank dengan harapan mendapatkan bunga dari bank. Berfikiran jauh ke depan bahwa kelak kita akan mendapatkan hasil yang lebih dari menabung dan mendepositokan uang kita. Dengan mengesampingkan efek yang timbul dari inflasi terhadap tabungan dan deposito yang telah kita rencanakan sebelumnya. Tanpa disadari inflasi menggerogoti tabungan anda!! Nilai yang anda dapatkan tidak sesuai dengan bayangan anda sebelumnya karena adanya inflasi itu sendiri. Boleh Saya katakan inflasi adalah kriminal utama yang menghilangkan,menyusutkan,mengurangi nilai dari uang kita setelah para koruptor, tetapi ironisnya dia tidak pernah terjamah hukum dan tidak akan pernah tertangkap oleh pihak berwajib ha…ha…ha…

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s